Bonus tahunan adalah jenis pemasukan atau pendapatan tambahan yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja disamping gaji pokok dan tunjangan rutin yang diberikan pada karyawan. Perlu diketahui bahwa kompensasi atau bonus ini bisa berupa tunai atau non tunai. Namun, kebanyakan perusahaan memberikan bonus secara tunai.
Bagaimana bonus tahunan bisa mudah didapatkan?
Meski tak semua perusahaan memberikan bonus untuk karyawannya, tetap saja bonus yang seringnya diberikan secara tahunan ini diberikan untuk karyawan dengan beberapa alasan.
Alasan yang pertama adalah pemberian bonus karena kinerja karyawan yang dinilai baik. Selain itu, bonus juga diberikan untuk membangun loyalitas karyawan agar supaya termotivasi untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaan dan setia pada perusahaan.
Banyak juga perusahaan yang memberikan bonus dengan tujuan untuk mensejahterakan karyawan mereka. Dimana ketika karyawan memiliki kondisi keuangan yang sehat maka kinerja mereka juga akan semakin baik.
Besaran bonus yang diberikan perusahaan pada karyawan umumnya memiliki perhitungan tersendiri. Diantaranya adalah dengan menggunakan sistem persentase dan bagi hasil. Meski demikian, pemerintah tak mewajibkan perusahaan untuk memberikan bonus terutama jika perusahaan sedang dalam kondisi keuangan yang tak baik.
Tips mengatur bonus agar memiliki keuangan yang terencana
Nah jika Anda termasuk salah satu orang yang mendapatkan bonus dari perusahaan secara rutin setiap tahun, sebaiknya lakukan perencanaan agar supaya keuangan Anda menjadi stabil dan bagus. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips untuk mengatur bonus supaya bermanfaat.
1. Dana darurat
Sisihkan beberapa bagian dari bonus tersebut untuk masuk ke pos dana darurat yang dipakai untuk kebutuhan yang diperlukan secara mendadak.
2. Tutup hutang yang dimiliki
Alokasi yang kedua adalah untuk melunasi atau menutup hutang yang Anda miliki terlebih dahulu. Sehingga setelah itu Anda bisa fokus pada pengelolaan pendapatan bulanan Anda.
3. Investasi
Ada banyak pilihan investasi untuk Anda dari mulai investasi emas, Reksadana, properti dan lain sebagainya.
4. Asuransi kesehatan
Kemudian alokasi yang terakhir untuk menggunakan bonus dari perusahaan adalah dengan memasukkannya menjadi premi asuransi kesehatan. Asuransi untuk jiwa atau kesehatan kini menjadi hal penting yang harus dimiliki seorang karyawan terutama jika memiliki pekerjaan yang beresiko tinggi.
Setelah Anda memutuskan untuk mengambil asuransi jiwa dan kesehatan menggunakan uang bonus dari perusahaan maka setidaknya di beberapa bulan berikutnya Anda bisa mengalokasikan pendapatan untuk membeli berbagai kebutuhan atau pos pengeluaran yang lebih penting lagi.
Seperti misalnya untuk melakukan renovasi rumah, untuk melakukan perjalanan wisata atau untuk menabung dana pembelian kendaraan. Sehingga pastinya kondisi keuangan Anda bisa menjadi lebih terkendali dan terencana dengan langsung menyisihkan uang bonus dari perusahaan untuk asuransi kesehatan Anda.
Tips memilih asuransi untuk karyawan perusahaan
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan bonus tahunan dari perusahaan untuk membeli asuransi maka pertimbangkan untuk memilih jenis asuransi yang terbaik sehingga Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jenis asuransi untuk karyawan.
Pilihan asuransi menyeluruh
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah untuk memilih produk asuransi dengan jaminan yang menutup seluruh anggota keluarga dari karyawan yang bersangkutan. Umumnya perusahaan asuransi memiliki fasilitas untuk menanggung karyawan dan keluarga karyawan yang terdiri dari suami atau istri dan anak-anak.
Pertimbangkan pemilihan premi dengan tepat
Usahakan untuk bisa memilih premi asuransi sesuai dengan kemampuan. Besaran premi tentunya berbeda-beda, hal itu sesuai dengan usia tertanggung, jangka waktu asuransi yang dipilih dan jenis asuransi. Sesuaikan premi asuransi yang dipilih sesuai kemampuan finansial Anda.
Memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan
Selalu perhatikan apa yang menjadi kebutuhan Anda dalam mengambil asuransi. Apakah Anda membutuhkan asuransi untuk jiwa, asuransi untuk kesehatan atau asuransi pendidikan anak? Tentunya pertimbangan memilihnya disertai profil asuransi dan resiko yang bisa dialami yang harus dipahami dengan baik dan benar.
Teliti apa saja fasilitasnya
Ketahui apa saja yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengambil asuransi kesehatan atau asuransi jiwa terbaik dengan menggunakan bonus dari perusahaan. Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas dan layanan menyeluruh untuk asuransi yang diambil oleh karyawan.
Jaringan rumah sakit yang luas
Pilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang cukup luas. Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan kesehatan Anda, maka Anda bisa langsung menuju rumah sakit yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi.
Ada manfaat asuransi jiwa dan kesehatan sekaligus
Pilih jenis asuransi yang memiliki manfaat ganda seperti manfaat asuransi untuk jiwa dan kesehatan sekaligus seperti yang dimiliki oleh perusahaan asuransi Generali Indonesia. Hal itu akan membuat Anda jauh lebih aman dan nyaman saat bekerja meski memiliki resiko kesehatan yang besar.
Gunakan produk asuransi dari perusahaan
Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan produk asuransi dari perusahaan tempat Anda bekerja. Namun sekali lagi itu hanya jika dari perusahaan sudah menyediakan dan bekerja saja dengan perusahaan asuransi yang dikenal bagus di tempat tinggal Anda. Sekian ulasan tentang menggunakan bonus dari perusahaan untuk asuransi kesehatan terbaik untuk Anda dan keluarga.