Bagi setiap pemilik asuransi, sangat penting untuk memahami isi perjanjian yang dibuat dengan pihak asuransi. Pasalnya, kegagalan dalam memahami kesepakatan dengan pihak asuransi, salah satunya akan bisa mengakibatkan penolakan saat melakukan klaim asuransi. Lantas, apa hal yang bisa membuat klaim asuransi ditolak? Simak beberapa alasannya berikut ini.

1.    Klaim yang Kedaluwarsa

Keterlambatan dalam mengajukan klaim, akan bisa menyebabkan ditolaknya klaim atas asuransi yang kamu miliki. Umumnya, setiap perusahaan atau pihak asuransi menentukan kurun waktu tertentu bagi para kliennya untuk mengajukan klaim, tak lama setelah kerugian atau hal yang menimbulkan risiko dialami.

Semakin cepat klaim atas asuransi tersebut diajukan, maka akan semakin baik. Oleh sebab itu, pahami dengan benar kapan waktu untuk mengajukan klaim tersebut. Jangan sampai kamu tak bisa memperoleh keuntungan dari asuransi yang selama ini preminya kamu bayarkan, hanya karena keterlambatan beberapa hari saja untuk melakukan klaim.

2.    Tak Lengkapnya Dokumen Klaim

Alasan mengapa klaim asuransi ditolak bisa juga dikarenakan tidak lengkapnya dokumen untuk melakukan klaim tersebut. Pada polis yang berisikan perjanjian antara pemilik asuransi dan pihak asuransi, sudah dicantumkan apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim. Jika ada satu saja dokumen yang tak tersedia, jangan heran jika klaim atas asuransi tersebut ditolak.

3.    Polis Asuransi yang Sedang Tidak Aktif

Hal apa yang bisa membuat klaim asuransi ditolak selanjutnya adalah tak aktifnya polis asuransi. Kurun waktu di mana polis asuransi sedang tidak aktif disebut juga dengan kondisi lapse. Ada beberapa penyebab polis asuransi sedang tidak aktif, salah satunya adalah karena sudah jatuh temponya pembayaran asuransi karena telah melewati masa tenggang.   

4.    Tak Dimuatnya Klaim dalam Klausul Polis Asuransi

Klaim atas asuransi juga bisa ditolak karena tak sesuai dengan klausul yang tercantum dalam polis asuransi. Misalnya saja, dalam polis asuransi jiwa disebutkan bahwa tak akan ada ganti rugi atau jaminan yang dibayarkan, jika pemilik asuransi mengalami kecelakaan tunggal. Jika bunyi klausulnya begini, maka klaim asuransi akan ditolak jika kerugian diakibatkan oleh kecelakaan tunggal.

5.    Penyakit Telah Diderita Sebelum Membeli Polis Asuransi

Khusus untuk asuransi kesehatan, pemilik polis asuransi akan dimintai dulu informasi mengenai penyakit apa saja yang dideritanya. Pasalnya, untuk penyakit yang telah diderita sebelumnya, pihak asuransi tak akan menjamin pembiayaan untuk perawatan penyakit tersebut. Pihak asuransi akan menolak klaim yang diajukan untuk pembiayaan sakit yang telah lama diderita tersebut.

Bagaimana Cara Agar Klaim Asuransi Diterima?

Agar klaim atas asuransi yang kamu punya bisa dilakukan, pastikan kamu sudah memahami benar setiap poin perjanjian yang tercantum dalam polis asuransi. Dengan begini, maka kamu akan bisa mendapatkan hasil kerja kerasmu dalam membayar premi secara rutin sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib kamu lakukan, agar klaim diterima oleh pihak asuransi.

1.    Lengkapi Dokumen yang Diminta

Sebelum mengajukan klaim, pastikan kamu sudah melengkapi setiap dokumen yang diperlukan agar klaim bisa cair. Mulai dari formulir pengajuan klaim yang telah diisi lengkap, surat identitas, serta dokumen lainnya yang diperlukan sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki. Lengkapnya dokumen akan bisa memuluskan proses dalam melakukan klaim.

2.    Ajukan Klaim Tepat Waktu

Agar klaim bisa diterima, pastikan kamu mengajukan klaim di kurun waktu yang telah ditetapkan. Terlambat satu hari saja akan bisa membuat klaim yang kamu ajukan ditolak oleh pihak asuransi. Oleh sebab itu, persiapkan dokumen dengan lengkap lalu ajukan klaim sesegera mungkin pada pihak asuransi.

Klaim Asuransi Generali

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa merupakan beberapa jenis asuransi yang dihadirkan oleh Generali. Generali hadir dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang preminya rendah, sehingga memungkinkan lebih banyak orang bisa memiliki jaminan kesehatan atas dirinya dan juga keluarga. Alhasil, tingginya biaya perawatan kesehatan tak akan lagi jadi momok yang menakutkan.

Terkait dengan klaim, Generali melayani pengajuan klaim asuransi kesehatan yang dilakukan di layanan kesehatan rekanan dan juga bukan rekanannya. Prosedur pengajuan klaim itu sendiri bisa dilihat di laman resmi Generali, serta bisa juga mencari tahu informasinya melalui nomor telepon pelanggan yang telah disediakan oleh Generali.

Ketahui dengan seksama hal apa yang bisa membuat klaim asuransi ditolak. Dengan begini, maka klaim atas asuransi yang kamu ajukan bisa diproses dengan sebagaimana mestinya, lalu kamu akan bisa menerima ganti rugi yang sudah menjadi hak dirimu sebagai pemilik asuransi. Jangan sampai karena tidak teliti, kamu tak bisa memperoleh jaminan dari asuransi yang kamu punya.

Bagikan
suka artikel ini :